Dan Ujian Itu …

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Relieved ~~

Telah kulewati.

Horee😀

Udah 4 hari yang lalu sih. Cuma mood nulisnya baru ada sekarang. Hahai.

Terima kasih Arigatou Gozaimasu Hatur nuhun Kamsa Hamnida buat smua komen dan doa teman2 di curcol Galau Psikotes… sangat berarti bagiku :3

Oiyah oiyah mu sharing nih, siapa tau ada yang penasaran isi psikotesnya apa aja, here are the list:

a. Pola

Misalnya di soal ada pasangan gambar {} dan }. Kemudian ada gambar (), maka pasangan gambarnya?? Yak tepat sekali! Jawabannya …*. Mudah bukan? Asal cepet aja mikirnya.

b. Sinonim-Antonim

Misal di soal ada 4 pilihan kata: a. sumbang b.sambang c. merdu d. perdu . Manakah yang merupakan pasangan sinonim atau antonim kata?? Jawabannya adalah …**

c. Kecerdasan Emosional

Ada sekitar 80 pernyataan yang kita nilai sesuai atau tidaknya dengan diri kita. Misal pernyataan “Saya mampu mengungkapkan perasaan marah saya”. Beri nilai 1(sangat sesuai), 2(sesuai), 3(kurang sesuai), 4(tidak sesuai), atau 5(sangat tidak sesuai). Kalo saya sih pilih 3. Soalnya kalo perasaaan marah diungkapkan jadinya malah lebih marah lagi, takutnya yang dimarahin juga jadi balik marah. Itu saya siih… Kalo kamu?

d. Biodata Diri

Ini kayak persyaratan masuk organisasi atau kepanitiaan kampus. Kita diminta mengisi data diri, kelebihan, kekurangan, kisah kesuksesan dan kisah kegagalan kita. Herannya saya malah lebih lancar nyeritain kisah gagal saya. Mungkin karena saya lebih sering mengeluh tentang kegagalan daripada bersyukur akan keberhasilan. Ckckck. Mesti diperbaiki nih.

e. Logical-Clerical

Misal di soalnya begini: nm nM NM Nm mn. Trus di pilihan ada huruf Nm nm nM mn NM juga. Di soal kan huruf NM yang digarisbawahi, maka kita harus menyilang huruf NM juga di pilihannya. Mudah, tapi mesti cepat karena soalnya banyak sementara waktunya sedikit. Saya (dan teman-teman yang saya tanyai) ga selesai. Hiks.

f. Tes Pauli (Koran)

Kertas sebesar koran (tabloid deng) penuh berisi angka. Tiap 2 angka yang berdekatan mesti dijumlah. Ada yang nambah kertas lho. Padahal deretan angkanya ada di 2 sisi kertas (bolak-balik).

g. DAM (Draw A Man)

Enggak, saya ga menggambar anak kecil seperti di gambar latihan itu. Eh keliatan ga sih kalo itu anak kecil? Hhe.

h. WARTEGG

Tersedia 8 kotak yang berisi titik, garis lengkung, dan lain-lain yang harus kita lanjutkan menjadi sebuah gambar yang lalu diberi judul dan dinomori sesuai urutan gambar kita. Lengkap dengan rating  gambar “paling sulit”, “paling mudah”, “paling disukai”, dan “paling tidak disukai”. Menurut tipsanda.com, urutan gambar kita menunjukkan seberapa teraturnya kita. Disarankan menggambar dengan kombinasi sesuai nomor dan acak, misal urutan 1-2-3-4-8-7-6-5. Biar dinilainya ga terlalu konservatif, tapi juga ga terlalu cenderung ‘breaking the law’. Untuk pria disarankan tidak menggambar mulai dari nomor 5 (yang ada garis kayak T miring), bisa-bisa dinilai ada kelainan orientasi seksual.😉

Hem, tapi pada prakteknya urutan gambar saya tetap seenak udel, hoho.

i. BAUM (Menggambar Pohon)

Saking putus asanya ngegambar ranting dan cabang pohon yang (harusnya) banyak, saya kasih keterangan aja di gambarnya “Pohon Mangga; Baru Ditebang”.😀

Tiga tes terakhir cuma dikasih waktu total 15 menit. Okeh. Mu bikin saya panik rupanya. Lupa pula apa yang kemaren digambar pas latihan. Dasar Iradat Consultant.

Ya sudahlah, pokoknya tes nya udah selesai. Yang telah terjadi, telah jadi masa lalu. Dan masa lalu adalah hal yang paling jauh, tak bisa lagi dijamah.

Ga kerasa loh ternyata 4,5 jam berlalu untuk mengerjakan soal2 psikotesnya.

Dan ga kerasa juga udah 2 jam nulis postingan ini.

Yo wis mari kita publish!

*Jawaban Pola: )
**Jawaban Sinonim-Antonim: a dan c

😉

Categories: STAN | Tags: , , | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “Dan Ujian Itu …

  1. Rra Fyanazza

    gw c sering ten, jadi OP anak psikologi..tp g prnah gmbar pohon baru ditebang..kepikiran jga lo yh..

  2. wooo. kayaknya seru psikotesnya. hihihi

Komentarmu Sangat Berharga ...

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

