Tips Sukses Reading Comprehension USM STAN

freepostmaker.comDua periode jadi pengajar Bahasa Inggris bimbel USM STAN, saya menemukan kecenderungan pada sebagian besar peserta bimbel: mengabaikan soal Reading Comprehension saat mengerjakan (simulasi) soal USM.

Padahal, jenis soal ini mencakup 1/3 dari 60 soal Bahasa Inggris yang diujikan. Ingat, USM ini mensyaratkan jawaban benar minimal 1/3 jumlah soal agar tak mendapat nilai mati. Berarti, jika tak ingin mengerjakan Reading Comprehension, peserta harus menjawab benar minimal 20 soal dari 40 soal Structure & Written Expression dan Error Recognition. Mungkinkah? Mungkin saja! Pasti banyak yang mampu meraih poin di atas nilai mati hanya dengan 40 soal yang tersisa. Tetapi kemudian, saat nilai puluhan ribu peserta yang lolos nilai mati diseleksi menurut ranking poin, ia akan mengalami kerugian nilai karena sudah—dengan sadar—membuang 1/3 peluang menambah poin!

Saya yakin, tak ada peserta waras yang mau membuang peluang di hadapan mata. Yang diperlukan adalah cara menaklukkan tantangan, bukan menghindarinya! Lalu, bagaimana cara menaklukkannya?? Here are some tips:

1. Kenali dulu penyebabmu menghindari soal Reading ini.

Apakah karena banyak orang bilang ini susah? Cobalah sendiri dulu. Untuk orang yang senang membaca, soal jenis ini malah menyenangkan lho. Sambil ujian bisa mendapat pengetahuan baru. Lalu, jika sudah mencoba tapi tak mengerti teks itu ngomongin apa? Banyak kata-kata susah? Coba liat tips no.2. Atau biasanya kamu menghabiskan terlalu lama berkutat di soal Reading? Liat poin-poin selanjutnya deh.

2. Baca dan Terjemahkan

Kumpulkan soal USM tahun-tahun sebelumnya. Soal SNMPTN dan TOEFL juga boleh. Pokoknya yang ada teks Bahasa Inggrisnya. Jangan lupa kamus mesti tergeletak manis di hati.. eh di dekatmu ya. Pilihlah teks yang kelihatannya paling mudah lalu mulailah membaca. Kata-kata yang susah ditandain dulu saja. Kalau sudah selesai, terjemahkan kata-kata yang sulit itu (apa? hampir semuanya sulit? kwaciaan :P) lalu tulis ulang teks tersebut dalam bahasa Indonesia. Sedemikian rupa sehingga  tidak terlihat seperti habis diterjemahkan. Dengan cara ini, kamu akan memahami isi teks secara lebih menyeluruh,  memperkaya kosa kata (vocabulary), dan terbiasa dengan gaya penggunaan kata-kata sulit. Misalnya nih, kata see, look at, dan observe. See digunakan untuk ‘melihat sekilas’, look at untuk ‘melihat dengan penuh perhatian’ sementara observe cenderung ‘mengamati, meneliti’. Nah lho, padahal di kamus arti ketiga kata itu sama: ‘melihat’.

3. Baca (sekilas) teksnya dulu, baru baca soalnya.

Berlawanan dengan yang biasanya diajarkan di bimbel, menurut saya lebih mudah membaca dulu teksnya. Dengan membaca dulu, kamu dapat menguasai isi teks secara keseluruhan. Selain itu, saat mengerjakan soal, dirimu akan tahu dimana mencarinya (kira-kira di paragraf mana atau kalimat yang mana) juga akan punya dugaan awal tentang jawabannya.

4. Dilihat dari soal USM empat tahun terakhir, soal Reading berkisar pada enam poin ini:

  • Main Idea (gagasan utama)

Kita dapat diminta menemukan main idea teks, paragraph tertentu, ataupun judul yang tepat bagi teks tersebut. Temukan main idea dengan membaca kalimat awal dan akhir tiap paragraf.

  • Refer to…

Contohnya “the pronoun ‘it’ in line 4 refers to …”. Jika menemukan soal seperti ini, segera perhatikan kalimat di mana pronoun itu berada. Perhatikan juga kalimat sebelumnya. Biasanya subjek yang ditanyakan ada di dua lokasi itu.

  • Sinonim

Misalnya “The word meticulous in line 19 is closest in meaning to …” Saat frasa ‘is closest in meaning to …’ muncul, saat itulah kamu harus mengerahkan daya analisismu! Carilah kalimat tempat kata itu berada lalu pahami maksud/konteks kalimat tersebut. Lihat juga kalimat sebelumnya bila dapat membantu pemahamanmu. Kemudian, pilihlah di antara empat pilihan ganda yang tersedia, mana yang paling cocok menggantikan kata yang ditanyakan tanpa mengubah maksud kalimat? Nah, kalo kata-kata di pilihan ganda juga tak ada yang dikenal? Hmm.. makanya perkaya vocab mu.. atau kalo dah kepepet, andalkan nalurimu! (serius, ini bisa berhasil di saya)

  • Infer

Pada soal ini kita diminta menduga atau menyimpulkan suatu hal berdasarkan keterangan-keterangan dalam teks. Ini butuh pemahaman dan ketelitian terhadap informasi yang disediakan. Hati-hati, bisa mengecoh. Oya, kalo diminta memperkirakan topik paragraph sebelum/sesudah teks tersebut, perhatikan kalimat penghubung antar paragraph yang terdapat di kalimat pertama atau terakhir teks tersebut.

  • Unstated Sentence

Kita diminta mencari kalimat yang disebutkan/tidak disebutkan dalam teks. Biasanya di soal ada kata-kata “Not mentioned” atau “incorrect” atau “correct, except…” Ini sih tinggal dicocokin aja ke bacaannya.

  • Detailed question

Ditanya tentang informasi detail dalam teks tersebut. Perlu meninjau kalimat/paragraph tertentu bacaannya juga.

5. Latihan latihan dan latihan!

Tak bisa hanya dengan satu atau dua kali mengerjakan soal, kita jadi lancar mengerjakan soal Reading ini. Berlatih terus, perkaya vocab,asah nalurimu. Sebuah pedang tak akan jadi tajam hanya dengan beberapa kali tempaan! Jangan lupa, pasang target tiap kali berlatih. Misal,di latihan ke-25 ini saya akan mengerjakan Reading Comprehension dengan

Waktu                   : 25 menit

Jumlah benar     : 19 soal

6. Pertajam Nalurimu

Kalau sudah sering latihan… otak akan terbiasa… dan seakan nalurimulah yang bekerja..

Sekian saja tips yang terpikir saat ini. Bagi teman-teman yang ingin menambahkan atau memberikan kritik dan saran, silakan dishare..

Semoga sukses! ^-^

Categories: STAN | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Komentarmu Sangat Berharga ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: