Seandainya Saya Anggota DPD RI

Seandainya saya terpilih menjadi anggota DPD RI,  terdapat sebuah action plan yang akan saya terapkan. Action plan tersebut dapat dirangkum dalam diagram berikut.

Action Plan DPD

Action Plan Seandainya Saya Anggota DPD

Peneguhan Pribadi

Peneguhan bahwa Anggota DPD Adalah Pelayan Masyarakat. Seorang pelayan akan mengutamakan kepentingan ‘majikan’ (baca: masyarakat) di atas kepentingan pribadinya. Seorang pelayan juga tak akan bergaya hidup lebih mewah dari majikannya. Misalnya, tak perlu memakai mobil dinas dengan penjagaan polisi. Membaur saja di angkutan umum sekaligus berinteraksi langsung dengan masyarakat. Gaya hidup sederhana dapat mencegah godaan korupsi, menjaga keberpihakan pada masyarakat, sekaligus menjadi teladan bagi kalangan wakil rakyat lainnya.

Pengumpulan Aspirasi

Bola tak bisa ditunggu, ia perlu dijemput. Diperlukan kerja sama dengan LSM, media lokal, dan utamanya pemerintah daerah setempat untuk menyelami aspirasi masyarakat, membentuk, dan mempraktekkan solusi atas permasalahan yang membelit daerah. Kerja sama dengan LSM dapat berbentuk diskusi untuk mencari solusi atas permasalahan daerah. Kegiatan ini kemudian dipublikasikan di media cetak dan elektronik lokal. Rekan-rekan dari Pemda dan DPRD kemudian dapat bekerja sama untuk melaksanakan solusi yang tercetus dari diskusi tersebut, terutama dari sisi birokrasi dan legislasinya. Semua kerja sama ini dipusatkan di tiap-tiap rumah aspirasi di kabupaten/kotamadya daerah pemilihan.

Selama ini anggota DPD kurang dikenal masyarakat. Dalam hal ini, saya ingin mencontoh Mario Teguh dan Dahlan Iskan. Mario Teguh memiliki website yang berisi pemikiran dan pengajarannya, menjadi tempat konsultasi bagi masyarakat, serta membentuk komunitas yang disebut MTSuperClub. Sedangkan Dahlan Iskan menyampaikan pemikiran dan kegiatannya dalam blognya. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui langkah-langkah kerja dan pengalamannya sebagai Menteri BUMN. Website yang saya (dan staf) kelola akan menginformasikan pemikiran, gagasan, serta kegiatan dan langkah kerja saya selaku anggota DPD. Tak ketinggalan juga menjadi wadah penampungan aspirasi masyarakat secara online. Pengelolaan web ini akan dilakukan sejalan dengan pengisian blog yang disediakan oleh website resmi DPD, dpd.go.id/weblog. Saya harus populer bila ingin menjalankan fungsi pelayanan dengan baik.

Perjuangan Perwujudan Aspirasi

Masyarakat memiliki potensi untuk menyelesaikan berbagai permasalahannya sendiri. Sebagai contoh, pengaduan atas minimnya lapangan kerja di daerah dapat diselesaikan oleh masyarakat (pengusaha) di daerah tersebut. Salah satu caranya ialah dengan mengadakan lomba bagi para pengusaha UKM untuk mendorong inovasi dalam pemanfaatan potensi SDA dan SDM daerah dalam usahanya. Pemenang akan mendapatkan piala bergilir, tambahan dana modal, dan kesempatan untuk mendapatkan investor. Panitianya dibentuk dari putra-putri daerah sementara dana lomba dihimpun dari 50% gaji saya sebagai anggota DPD, sponsor pemerintah, dan CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan. Melalui lomba ini, saya juga dapat menjalankan fungsi pengawasan pelaksanaan UU No.25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan UU PT No.40 Tahun 2007. Fungsi ini adalah satu dari tiga fungsi pokok anggota DPD, yaitu fungsi legislasi, pertimbangan, dan pengawasan.

Selain mengawasi lembaga lain, saya dan rekan-rekan juga harus mengawasi diri sendiri! Terutama tentang proyek Pembangunan Gedung DPD di 33 Provinsi. Saya dan rekan-rekan anggota DPD harus memastikan transparansi proyek ini. Jumlah kebutuhan, alokasi, dan penggunaan anggaran, desain bangunan, dan pemenang tender proyek harus dipublikasikan minimal di website sesuai KIP 14 Tahun 2008. DPD harus buktikan dirinya sebagai lembaga yang bersih dan berintegritas. Jayalah DPD RI!

Categories: Iseng-Serius-Menang | Tags: , | 8 Komentar

Navigasi pos

8 thoughts on “Seandainya Saya Anggota DPD RI

  1. semoga menang yah😀

  2. genksukasuka

    semoga menang yah😀

  3. thekeyisyou

    semoga menang, semoga berkah🙂

  4. waah keren..
    aku ga ikutan lomba ini,, ga bisa ngebayangin terjun ke dunia politik.. haha

  5. artikel ini ditulis untuk mengikuti lomba penulisan Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI yang diadakan di lomba.dpd.go.id🙂

Komentarmu Sangat Berharga ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: