Tentang Inten dan PRnya

Pernah dengar mata kuliah KSPK (Kapita Selekta Pengembangan Kepribadian)? Itu salah satu mata kuliah yang kudapat di semester 6 spesialisasi Akuntansi di STAN. Materi detilnya (tentu saja) aku lupa, tapi intinya tentang pembinaan kepribadian (liat dari judul matkul juga udah tau kale :P). Dosenku, Pak Tri Ratna, pernah memberi tugas yang cukup unik: membuat artikel tentang kepribadian diri sendiri untuk dimuat di blog pribadi. Yang tak punya blog? Ya bikin dulu. Naah secara dulu aku pemalu, rasanya aneh banget kalo mesti membeberkan tentang diri sendiri di dunia maya yang luas ini. Jadilah aku membuat artikel yang sebenarnya lebih berisi pemikiran daripada kepribadianku (Penasaran? Lihat di sini). Kontan saja dosenku yang baik itu jadi bingung. Ibaratnya disuruh ke Bandung ko malah nyampenya ke Jakarta. Jaka sembung bawa golok banget lah. Hadoh kalo inget itu aku jadi malu sendiri. Ingin rasanya mengulang waktu. Akan kutulis bagaimana kepribadianku ini dengan apik dan indah berhiaskan bunga kekata #halah.

Rupanya Allah memberi jalan untuk keinginan ini. Ia beri aku alasan untuk memberitahumu sebelas hal tentang diriku (bukan narsis lho yaa hehe). Alasannya adalah karena aku mendapat PR dari Aang. Isinya begini:

Ehm…langsung tak tancep dah…

Sebelas hal tentang Inten

  1.  Namaku Inten. Banyak yang salah kira saat mendengar nama unik ini.  Kubilang Inten, mereka tulis Intan. Kubilang Inten, mereka kira bimbel INTEN :-0. Mungkin karena nama Intan lebih pasaran populer, hihihi. Padahal sesuatu yang tak sejalan dengan kebanyakan bukan berarti salah, kan?
  2. Jika engkau bertanya, ‘kamu berasal dari mana?’ Bingung jawabnya. Aku lahir di Subang, menghabiskan masa balita –nan imut dan menggemaskan- di Jakarta, menjalani masa SD-SMA di Bandung, sekarang tinggal di Subang. Kau putuskan sendiri saja, aku ini berasal dari mana ^-^v.
  3. Jika bertemu di jalan, jangan ragu menyapaku. Karena aku sering ragu menyapa orang di jalan, takut salah lihat. Pernah aku sudah siap dengan senyum Pepsodent untuk menyapa seorang lelaki yang … ternyata tidak kukenal. Dan si lelaki tampak GR -,-.
  4. Inten itu … C.U.E.K. Sisi positifnya, aku jarang memperhatikan sifat negatif orang lain. Sisi negatifnya ya jadi kurang perhatian terhadap orang lain.
  5. Inten itu … spontan dalam melakukan sesuatu. Apa yang kepikiran, itu yang dilakukan. Seringkali baru menyadari apa konsekuensinya setelah dilakukan. Tapi hey, terlalu lama berpikir malah bisa membuatmu melewatkan kesempatan!
  6. Inten itu … Jutek terhadap makhluk berjenis lelaki. Waktu SD sih. Aku masih ingat, saat SD teman-teman lelaki senang sekali mengganggu dan mengejekku. Aku tak pernah membalas, hanya memasang muka super jutek pada mereka. Jika digambarkan di komik, tatapan mataku bisa memancarkan sinar laser yang menembus mulut mereka. Hehe. Hingga suatu hari, di tengah pelajaran, aku sedang berjalan menyeberangi kelas dengan memegang gunting (ga inget juga kenapa aku membawa benda tajam itu). Tiba-tiba salah satu pengganggu itu menghalangi langkahku. Tanpa pikir panjang, kuacungkan gunting ke arah perutnya! Seperti adegan yang sering kulihat di komik. Ia shock lalu mundur dan aku pun melenggang dengan bebas. Sejak itu tak pernah lagi ia menggangguku ^-^v. Sekarang, ia satu kampus denganku dan kami berteman baik kok😀. Hikmah yang bisa diambil? Jangan coba-coba mengganggu perempuan!😛
  7. Inten itu … sempat bercita-cita jadi desainer. Sayangnya, kemampuan gambarku tak ada kemajuan. Tak hobi menjahit pula. Syukurlah sekarang banyak desainer busana muslimah yang syar’i. Alangkah indahnya bila ‘kerudung yang menutup dada’ bisa menjadi trend fashion dunia.
  8. Inten itu … susah ngapalin arah dan daerah. Susah baca peta. Eits tapi menurut Allan & Barbara Pease dalam buku Why Men Don’t Listen and Women Can’t Read Maps, itu karena otak perempuan memang kurang bisa menerjemahkan peta ke dalam bentuk 3D sementara bagi otak pria, hal tersebut  sungguh pekerjaan mudah.
  9. Inten itu …pendiam… kalau dibandingkan dengan sesama perempuan lain😀
  10. Inten itu … punya banyak keinginan, tetapi lebih sedikit yang dikerjakan, dan lebih sedikit lagi yang menghasilkan😦 Adakah kau juga begitu?
  11. Inten itu … kalo digolongkan, punya tipe kepribadian phlegmatis-melankolis. Menurut buku Personality Plus yang ditulis Florence Littauer, Ciri-ciri phlegmatis yang mudah dilihat adalah tidak mempunyai sikap yang jelas dalam mengambil keputusan, tidak mau secara tegas memihak sesuatu yang belum diketahuinya, cenderung damai dan tidak mau berkonfrontasi secara langsung dengan orang lain. Terkadang orang Phlegmatis memang harus didikte untuk mengerjakan sesuatu (secara extrim), biasanya orang phlegmatis kurang mahir untuk urusan-urusan yang detail, seperti yang paling sederhana merapikan kamarnya  (eh tapi aku bisa kok). Seorang Phlegmatis bisa menjadi pelobi yang ulung dan bisa diandalkan untuk urusan berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain, karena sifatnya yang kalem dan tenang. (Sumber Konten: http://www.sejutablog.com/personality-plus/#ixzz1q2xpMZey) . Sstt.. kalo mau ikut tes kepribadian gratis, buka ini aja.

Sebelas pertanyaan yang diberikan oleh Aang :

1. Tujuan kamu blogging apa?? Nyari duit? Nyalurin bakat menulis? Curhat? Hobi? Atau yang lain?

Latihan nulis. Saya ga tau saya punya bakat nulis atau engga, saya hanya ingin menghasilkan tulisan yang membuat saya puas dan membuat saya tertarik membacanya berulang-ulang (bukan karena kena virus narsis lho ya). Dan, terus terang aja, ternyata itu sulit. >,<.  Tapi oh tapi … kalo dah lancar n mahir nulis ujung-ujungnya bakal saya manfaatin untuk mem’produksi’ uang juga. Entah di blog ini atau bikin blog lain.

2. Hal apa yang membuatmu bergadang?

Kalo dah di depan laptop. Online: blogging, social media, atau manga. Dan offline: games, e-book. Pokoknya di depan laptop semua kantuk langsung ngacir!

3. Apa yang kamu lakukan jika dihadapkan dengan 2 atau lebih pilihan yang belum kamu ketahui seluk-beluk masing2 pilihan itu??

Istikharah,,,

4. Lebih condong kemana? Mencari cinta sejati atau membangun cinta sejati?

Membangun, kalo dicari takutnya ga ketemu2😛

5. Apakah kamu percaya sepenuhnya dengan media massa?

Udah jelas banget media massa itu dimiliki pihak swasta yang bisa disetir demi kepentingan uang dan kepentingan politik, bagaimana mungkin bisa percaya sepenuhnya?

6. Arti sukses menurut kamu?

Bisa memenuhi tujuan demi tujuan yang telah ditetapkan. Hidup memang tersusun oleh kesuksesan dan kegagalan kecil.

7. Posisi orang tua dalam hidup kamu?

Segalanya.

8. Kalau harus memulai bisnis, bisnis apa yang akan kamu pilih?

Onlen..onlen.. kaya yang saykoji nyanyiin.. hehe. Tapi belum pasti apa bentuknya. E-book atau Dinar, mungkin B-)

9. Gimana sikap kamu jika berinteraksi dengan orang baru?

Kalo orang baru itu lebih tua, hormat dan agak menjaga jarak. Kalo sesama atau lebih muda, ramah secukupnya, tapi saya jarang mau kenalan duluan. Malu. Segan. Paling tebar2 senyum gitu😛

10. Pendapat kamu tentang boyband n gilrsband yang lagi happening?

Poor of them. Kebawa arus Korea yang sebenernya ga bagus2 amat. Coba liat pakaian (girlband) yang serba mini itu. Coba liat artis2 Koreanya, mereka sendiri banyak yang ga bahagia hingga depresi dan bunuh diri. Saking ketatnya persaingan, banyak pengorbanan kehidupan pribadi, dan cuma sedikit yang bisa tenar. Yang seperti itu mau dijadikan kiblat?

Tapi.. saya akui banyak lagu boy n girlband Korea yang enak dinikmati. Lebih baik tiru dan lampaui segi kualitasnya, jangan terbawa arus >,<

11. Ceritakan kesan kamu tentang kampung halamanmu dimana kamu dilahirkan/dibesarkan?? Maksimal 5 kalimat

(Asumsi: kampung halaman di Bandung). Penuh kenangan…aku beruntung dibesarkan dengan kemudahan fasilitas dan banyak sosok yang bisa dijadikan teladan. Lingkungan rumah masih kental tali asih dan gotong royongnya. Lingkungan sekolah bertemu teman2 yang baik dan hanif. Walaupun padat penduduk, daerah Margahayu, Kab.Bandung terasa luas oleh kelapangan hati penduduknya. J

Sebelas pertanyaan untuk sebelas orang terpilih:

  1. Pendapatmu, koruptor di Indonesia harus dihukum kaya gimana ya?
  2. Apa yang ingin kamu wariskan untuk anak cucumu nanti?
  3. Dongeng apa yang paling kamu ingat dari masa kecilmu?
  4. Nasehat apa yang paling kamu ingat dari ortu?
  5. Menurutmu, apa sih hal yang membedakanmu dari orang lain?
  6. Kalau boleh memilih, ingin kerja di kota apa?
  7. Mana yang lebih kau suka: employee, self-employee, atau employer?
  8. Setujukah  dirimu dengan gerakan Bike to Work? Mengapa?
  9. Siapa idola/teladanmu?
  10. Jika dirimu menjadi presiden, apa yang akan kamu lakukan berkaitan dengan kebijakan BBM?
  11. Terakhir, satu sifat apa yang pertama terpikirkan bila disebut nama “Inten”?

Daaann… sebelas orang terpilih yang beruntung mendapat estafet PR ini ialah…

  1. mba Amel
  2. Dien
  3. Edis
  4. Ziyy
  5. Bli Gandi
  6. Juni
  7. Abie
  8. Amin
  9. Juli
  10. Sanda
  11. Kresna

Good Luck !😀

Categories: About | Tags: , , , | 18 Komentar

Navigasi pos

18 thoughts on “Tentang Inten dan PRnya

  1. Ping-balik: Tentang abie dan PR nya « abiewardani

  2. Ping-balik: peer saya bu! | JuniBlossom

  3. haha, ternyata inten kayak gitu y…
    insya Allah aku kerjain nten, tapi ntar kalo udah jadi bingung mau ngelanjutin peernya kesiapa -_- hehe…
    itu anak laki-lakinya ilham bukan nten?

  4. aangbikinblog

    Sepaham sama jawaban yang ini: “Udah jelas banget media massa itu dimiliki pihak swasta yang bisa disetir demi kepentingan uang dan kepentingan politik, bagaimana mungkin bisa percaya sepenuhnya?”
    hehe…..
    Btw, dosen KSPK kita sama ternyata… abru nyadar… Tuing tuing…
    Btw lagi nih, masih sempet nih nulis di tengah sibuk2nya KPP, keren!!! hehe

  5. *ngelirik ilham* jadi anak lelaki itu siapa ten??
    wah.. aku dah pernah dapet peer ini ten.. tapi kalau nanti2 aku ga males aku jawab deh pertanyaannya :3

  6. Muhammad Amin

    horeeee, akhirnya dapet PR! hehe..
    kerjain ah, ntar dimarahin bu dosen Inten nih kalo gak dikerjain😀

  7. baca kepribadian nomer 6 gak berhenti ngakak.. hahaha😛

Komentarmu Sangat Berharga ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: