Gaptek? NGONOO Aja!

Ketika membuka internet, situs apa yang paling pertama Anda buka? Biar saya tebak. Kalau bukan Facebook, ya Twitter, iya kan? Hehe. Sama kok, saya juga begitu😛

Update status, upload foto, membuka aplikasi, dan retweet bukanlah hal yang asing untuk kita. Namun apakah itu berarti kita sudah terbebas dari gaptek? Eeeits tunggu dulu. Tahukah Anda, berapa banyak data pribadi kita yang dapat diakses oleh aplikasi-aplikasi yang bahkan sudah kita lupakan? Tahukah anda bagaimana cara mengecek dan ‘bersih-bersih’ akses data pribadi kita? Lalu, tahukah Anda bagaimana cara mencegah agar data (terutama foto-foto –ehm- narsis) kita di Facebook dan Twitter tidak hilang? Nah. Saya juga mulanya tidak tahu, bahkan tidak terpikir pada hal sederhana namun penting seperti itu. Tapi semua berubah ketika negara api menyerang saya membuka situs NGONOO.com.

NGONOO: Situs Anti Gaptek 

Apa sih NGONOO itu?

NGONOO adalah kata dalam bahasa jawa yang artinya ‘begitu’ Situs Komunitas Media Online yang menyajikan informasi social media, perkembangan teknologi, budaya digital dan tip trik dunia online.

Situs ini menyajikan Informasi dan tutorial online dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh siapa saja. Artikelnya pun tidak terlalu panjang dan disajikan dengan gambar yang mempermudah pemahaman kita. Prinsip ‘simple and easy’ ini selalu dipegang teguh oleh 21 blogger kontributor NGONOO. Lihat saja mottonya: Belajar Tidak Pernah Semudah Ini

Ada apa saja di dalam NGONOO?

Ada berita terbaru, info singkat, ‘how to’, tips dan trik berkaitan dengan

  • Media Sosial (Facebook, Foursquare, Google Plus, LinkedIn, Pinterest, Twitter, Vimeo, dan YouTube)
  • Teknologi & Gadget (Android, Blackberry, iPad, iPhone, Linux, Mac, Operator, Windows, dan Windows Mobile)
  • Hiburan (film, fotografi, game,musik, otomotif, olahraga, dan TV)
  • Blogging (Blogger, Tumblr, dan WordPress)

Lengkap bukan?

Mengapa saya harus membuka NGONOO? Kan saya bisa mencari tutorial via mbah G***le?

Aduuh kebayang dong repotnya jika ingin mendapat banyak informasi dan ‘how to’ berarti kita harus mengetikkan banyak kata kunci dan membuka beberapa situs sekaligus. Belum lagi jika loadingnya lama atau isi artikel tak memuat info yang dicari (curcol nih). Dengan membuka situs NGONOO saja, kita bisa mendapatkan banyak info dan tutorial sekaligus. Tak perlu repot membuka yang lain.

Tambahan lagi, admin NGONOO dengan sukarela menjawab komentar dan pertanyaan berkaitan dengan artikelnya.  Jadi, tak perlu takut kebingungan kita tak terjawab. Oya, fasilitas komentarnya memakai Disqus dan Facebook lho. Buat yang belum tau, Disqus itu jaringan percakapan online yang memungkinkan kita ‘melacak’ komentar kita dan mendapat notifikasi jawabannya.

Lantas, apa lagi kelebihan NGONOO?

  • Namanya mudah diingat

Ya, kata ‘ngono’ sudah akrab di telinga kita. Apalagi untuk orang jawa ;-D. Dengan nama yang mudah diingat, mudah bagi kita untuk mengetikkannya kembali saat membutuhkan.

  • Desain web simpel … dan tanpa iklan

Backgroundnya putih dengan tulisan hitam dan abu-abu. Item-tem menunya terpampang jelas: memudahkan pembaca untuk segera mencari tema artikel yang dibutuhkan atau diminati. Selain itu, tampaknya NGONOO menganut prinsip ‘seluruh info dalam satu halaman’ sehingga jika kita malas membuka tab yang banyak, tinggal scroll ke bawah dan kita dapat melihat tulisan terbaru, popular post, 7 artikel teratas setiap menu, penjelasan tentang NGONOO dan kontributornya. Oya, web ini tidak ada iklannya, ini yang bikin NGONOO makin enak dibaca.

  • Bahasa artikelnya sederhana, singkat, komunikatif, dan mudah dipahami

Misalnya saja cuplikan artikel ini:

NGONOO

Sudah terbukti lah ya. Tak perlu saya berbusa-busa menceritakannya.

  • Tips-tips yang diberikan mudah untuk dipraktikkan

Misalnya saja tips untuk mendownload data Facebook di atas. Sebenarnya hanya perlu beberapa langkah mudah untuk melakukannya. Penasaran? Ke sini aja.

  • Kecepatan Loading Bagus

Berdasarkan gtmetrix.com, page load speed NGONOO hanya 10,62 detik dengan total page size 1,08 MB. Cukup cepat dan ringan untuk saya yang hidup dalam jaringan yang labil😉

Kalau ada kelebihan, tentu ada kekurangan dong?

Yup. Karena baru berusia 6 bulan, jumlah artikelnya masih belum terlalu banyak. Baru 196 tulisan. Tutorial tentang setiap sub menu belumlah lengkap. Itu berarti, masih banyak sekali tulisan baru yang bisa kita tunggu dari situs ini.

Selain itu, NGONOO belum ada versi mobilenya. Mudah-mudahan segera diadakan ya, agar lebih dekat dan mudah diakses pengguna internet.

Hem hem hem sekian aja reviewnya. Semoga berguna bagi para anti-gaptekers.

Ngonoo lho😉

NB: tulisan ini dibuat untuk Blog Review Contest yang diadakan NGONOO.com. Info lengkapnya di sini.

Categories: Iseng-Serius-Menang | Tags: , , , , | 14 Komentar

Navigasi pos

14 thoughts on “Gaptek? NGONOO Aja!

  1. mantap reviewnya.. udah ada pengumuman pemenang?

    nitip lapak : http://irhamtaro.wordpress.com/2012/06/17/kita-memancarkan-energi/

  2. semoga menang mbak😀

  3. semoga menang mbak🙂

  4. Saya ga punya Facebook… *siapa nanya*

  5. waah, ikut kontes di ngonoo ya? gmn hasilnya?

  6. reviewnya bagus, semoga menang ya

  7. review ngonoo toh hehe😀

  8. ya ngonoo iku..😀
    smoga berhasil yah riviunyah..😀

Komentarmu Sangat Berharga ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: