HALALKAH CANTIKMU?

kosmetik halal

Sumber: mizhasbeautydiary.blogspot.com

Di belahan dunia manapun, wanita selalu ingin tampil cantik. Karena itulah, keturunan hawa tak bisa dilepaskan dari kosmetika. Ya, wanita-saya dan Anda- telah begitu terbiasa menghias diri dengan kosmetik.

Akan tetapi, tahukah Anda? 60% dari produk kosmetik –terutama produk perawatan kulit- diserap oleh kulit dan masuk ke pembuluh darah. Akibatnya, zat-zat yang terkandung dalam produk tersebut akan mengalir dan diserap oleh tubuh; seperti makanan. Maka, layaknya makanan, penting bagi kita-terutama wanita muslimah- untuk memperhatikan keamanan dan kehalalannya. (Walaupun ada juga produk yang hanya melapisi bagian luar kulit, perlakuannya tetap sama. Logikanya, sudikah dirimu jika lemak babi atau bahan berbahaya seperti mercuri dioleskan pada wajahmu?). Sayangnya, dewasa ini banyak produk kosmetik dan skin care yang mengandung bahan-bahan yang diragukan aspek kehalalannya.

Jadi, patutlah kita pertanyakan…

Telah halalkah kecantikan kita?

Dengan kata lain, apakah kosmetik yang kita gunakan halal?

Tips memilih kosmetik yang halal

1. Logo halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)

Logo Halal MUI di Kemasan Produk

Produk yang telah tersertifikasi halal akan mencantumkan logo di atas pada kemasannya. Sertifikasi menjamin kehalalan produk dari segi bahan, komposisi dan proses pengolahan. Perusahaan yang telah disertifikasi berarti telah menerapkan manajemen penjaminan produk agar tetap halal (Sistem Jaminan Halal). Dengan kata lain, benar-benar terpercaya!

Tetapi, cobalah lihat label kosmetikmu. Yakin deh, label halal akan jarang Anda temukan. Ya, banyak produsen kosmetik lokal masih kurang memperhatikan pentingnya sertifikasi halal. Oya, daftar kosmetik yang telah disertifikasi ada di tautan ini.

2. Untuk produk yang berasal dari luar negeri, telah banyak lembaga resmi maupun independen yang menerbitkan sertifikat halal. Salah satu lembaga yang dapat menjadi acuan kita adalah Muslim Consumer Group: lembaga sertifikasi milik komunitas muslim di Amerika Serikat. Situsnya dapat dilihat di sini.

3. Jika produk kosmetik yang Anda pakai belum tersertifikasi baik di dalam maupun luar negeri, cobalah melihat daftar komposisi bahan (ingredients) yang biasanya terdapat dalam kemasan produk. Produsen yang jujur akan mencantumkan semua bahan yang digunakan. Sebisa mungkin hindari bahan-bahan yang Haram dan kritislahlah terhadap bahan yang Mubah.

Bahan Kosmetik Haram

Dalam situs halalmui.org, Wakil Direktur LPPOM MUI Bidang Auditing, Ir. Muti Arintawati, M.Si, mengungkapkan bahwa berdasarkan asalnya, kosmetika dapat dikategorikan berasal dari beberapa sumber bahan, yaitu tumbuhan, hewan, sintetik kimia, mikroba dan manusia.

Bahan yang berasal dari tumbuhan secara natural halal kecuali yang telah tercampur dengan enzim hewan. Menurut  fashionesedaily.com, Seluruh bahan turunan dan ekstrak dari binatang yang diharamkan–seperti babi dan anjing–dapat dipastikan haram karena sifat/jenisnya memang diharamkan. Bahan-bahan yang berasal dari hewan lain dan turunannya biasanya tergolong nonhalal–kecuali dari jenis ikan dan lebah–bukan karena sifat bahannya yang haram, melainkan karena prosesnya (penyembelihan) yang dikhawatirkan tidak sesuai dengan syariah. Selain itu juga karena alasan etika.

Sementara itu, bahan sintetik kimia harus disediki lebih jauh apakah ia berasal dari sintetik tumbuhan atau hewan. Sedangkan bahan dari manusia dapat dipastikan haram karena menggunakannya berarti kanibalisme.

Bahan yang telah dinyatakan haram oleh MUI antara lain Plasenta Manusia dan Sodim Heparin (karena berasal dari babi).

Bahan Kosmetik Mubah

Berikut daftar beberapa bahan kosmetik mubah yang dapat dihimpun:

No

Nama Bahan

Keterangan

Haram jika …

Produk

1 Plasenta Plasenta atau ari-ari diklaim dapat mempertahankan kekenyalan kulit. Ia dapat berasal dari manusia dan hewan mamalia seperti sapi, babi, dan kambing.Hati-hati karena bahan ini kadang disamarkan dalam kemasan produk dengan nama ‘protein’ berasal dari manusia dan hewan haram. Sedangkan plasenta dari hewan yang halal dan diperoleh melalui proses persalinan, boleh digunakan. Lipstik, pelembab bibir, parfum, cream wajah, losion pelembab kulit, sabun mandi, dan bedak.
2 Cairan Amnion  Merupakan cairan yang melindungi janin dari benturan fisik dalam rahim. Berfungsi menghaluskan kulit. Bahan ini dapat berasal dari manusia, sapi, lembu jantan dan babi. berasal dari manusia dan hewan haram Pelembab, lotion rambut dan perawatan kulit kepala serta shampo
3 Glyserin / Gliserol Merupakan turunan lemak hasil samping pembuatan sabun. Berfungsi melembutkan dan menghaluskan kulit. Bahan ini dapat dibuat dari hidrolisis lemak atau minyak dari hewan atau tumbuhan (turunan lemak), sintetik kimia yang berasal dari gas propilena (minyak bumi) atau produk microbial. berasal dari hewan yang haram.Pembentukan gliserin ini bisa melibatkan enzim yang berasal dari hewan yang juga harus diwaspadai aspek kehalalannya. Sabun mandi, pelembab, hand and body lotion, face pack, masker, liquid face powder, lipstick, lipgloss, protective cream (sun block), skin freshener dan pasta gigi.
4 Kolagen Kolagen berasal dari jaringan ikat kulit  babi, biri-biri, kambing, sapi (bovine collagen, zyderm) dan organ manusia. Berfungsi menjaga elastisitas kulit. Kolagen yang sering digunakan untuk kosmetik adalah kolagen dari babi karena lebih ekonomis dan lebih bagus. berasal dari manusia dan hewan haram Pelembab, hand & body lotion, produk rejuvenasi kulit baik secara implant maupun topical (dioleskan)
5 Asam Alfa Hidroksi (AHA) Berfungsi mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit. Salah satu senyawa AHA yang banyak dipakai adalah asam laktat (lactic acid). Pembuatan asam laktat melibatkan media yang berasal dari hewan yang harus diwaspadai aspek kehalalannya.
6 Vitamin Terdapat beberapa vitamin yang mempunyai sifat tidak stabil, sehingga harus distabilkan dengan bahan penstabil. Bahan yang sering dipakai diantaranya adalah gelatin (yang berasal babi dan sapi), karagenan, gum, atau pati termodifikasi. Menggunakan bahan pestabil berupa gelatin dari babi produk perawatan kulit dan rambut.
7 Hormon hormon estrogen, ekstrak timus dan melantonin adalah contoh hormon yang biasa digunakan pada kosmetik. Hormon tersebut dapat memberi kesan seakan pengguna lebih muda, cantik, dan segar Hormon berasal dari hewan sehingga harus diteliti lagi aspek kehalalannya.
8 Elastin Elastin merupakan komponen jaringan ikat kulit selain kolagen. Biasanya terdapat bersama-sama kolagen Berasal dari hewan haram produk perawatan kulit dan rambut
9 Allantoin dan turunannya meliputi Aluminiumchlorhydroxy Allantoinate, Aluminiumdihydroxy Allantoinate, Allantoin N Acetyl DL Methionine dll. Berfungsi membantu mempertahankan kelembaban dan kelembutan kulit, serta anti iritasi kulit. Allantoin cair dapat diketemukan pada janin mahluk hidup, air seni anjing, benih gandum, cacing tanah dan komponen organik lainnya. Berasal dari hewan haram produk deodoran, anti iritasi pada perawatan bayi, moisturizing cream and lotion, pasta gigi, produk skin care dan sebagai anti dandruff pada shampo.
10 Botox atau botulinum toxin tipe A Merupakan protein kompleks yang dihasilkan dari bakteri Clostridium Botulinum. Proses pembuatan menggunakan serum albumin dari manusia atau hewan haram
11 Lanolin Sejenis minyak/lemak yang biasanya berasal dari hewan. Berasal dari hewan haram/proses penyembelihan tidak sesuai syariah produk lotion, salep kulit, whitening cream dan pemberi efek glossy pada lipstik.
12 Keratin Dapat berasal dari protein kacang kedelai maupun protein hewan  Berasal dari rambut manusia atau protein hewan haram produk pewarna rambut.
13 Asam Hialuronat (Hyaluronic Acid) Berfungsi menjaga kesehatan kulit. Terdapat dalam cairan mata dan tali janin. Berasal dari hewan haram whitening cream dan perawatan kulit
14 Lemak dan turunannya, seperti lauric acid, stearic acid, gliserin, GMS, cetyl alc, glycolic acid, dan palmitic acid; Nayad (ekstrak khamir); cerebroside; asam amino; cholesterol; cystine (sistina); hydrolised animal protein; lipids; dll Berasal dari hewan haram lotion, sun block, whitening lotion, lotion, dll.

Bahan Alkohol

Nama Bahan

Keterangan

Cetyl Alcohol – Halal Cetyl alcohol adalah alcohol yang terdiri dari molekul berantai panjang. Alkohol ini berbentuk padat sehingga tidak dapat diminum dan tidak dapat diserap kulit. Bahan ini juga tidak beracun.
Cetearyl alcohol – Halal Pada kosmetik dan skin care, cetearyl alcohol bukanlah benar-benar alcohol. Zat ini merupakan lilin (wax) yang teremulsi yang dibuat dari tumbuhan.
Ethyl Alcohol – Haram Ethyl Alcohol banyak digunakan pada lotiaon aftershave maupun parfum wanita. Zat ini dapat diserap oleh kulit. Nama lain bahan ini antara lain ethanol dan methylated spirit

4. Jika produk tidak mencantumkan komposisi bahan, kita dapat menghubungi produsen via telepon atau email. Produsen mungkin akan sedikit sensitif bila kita bertanya mengenai kehalalan bahannya. Tetapi ia akan merespon dengan baik bila kita bertanya bahan-bahan produknya dengan alasan takut alergi.

Wardah, kosmetik yang 100% halal              

Di antara 4 opsi di atas, tentu saja yang paling mudah  adalah opsi pertama. Daripada repot mengecek bahannya satu per satu, lebih memakai yang sudah terjamin halal dan aman saja. Nah, pilihan saya jatuh pada Wardah.

Wardah, kecantikan yang halal

Wardah, kosmetik pertama yang bersertifikat Halal

Kenapa Wardah? Ehm karena…

  • Produk Wardah aman dan halal digunakan; sesuai prinsip produknya à Pure and Safe.  Seluruh varian produknya yang berjumlah 200 macam telah mendapat Sertifikasi LPPOM-MUI. Wardah juga telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) sehingga ia terbukti tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti hydroquinone, paraben, dan mercuri.
  • Terbukti Wardah telah dipercaya menjadi kosmetik yang dipakai pada acara-acara Ramadhan seperti Chatting dengan YM (Anteve), Oase Ramadhan (Metro TV), dan sinema Para Pencari Tuhan (SCTV).
  • Harga produk Wardah cukup terjangkau walaupun ia menggunakan bahan-bahan impor.
  • Wardah memiliki beragam varian kosmetik, mulai dari basic make-up, parfum, perawatan rambut, hingga Paket Haji. Jadi, saya tidak perlu pusing memilih merek kosmetik lainnya.

Di antara ratusan produknya, saya memakai Wardah Compact Powderwarna Light Beige yang cocok untuk kulit putih saya (narsis sedikit boleh dong ;D).

With Wardah Compact Powder - Edisi Ceria

With Wardah Compact Powder- Light Beige

Bedak ini tidak membuat kulit wajah saya alergi, malah menjadi lebih halus ,bebas kilap, dan terlihat lebih cerah. Ssstt.. ada sedikit tips nih. Untuk hasil merata, oleskan Wardah Compact Powder ke arah bawah sesuai dengan arah bulu halus di wajah dan leher.  Jadi tambah cantik plus Halal pula! Terima kasih Wardah!😉

Terima Kasih Wardah!

Terima Kasih Wardah!

Ehm, akhir kata, mudah-mudahan posting blog ini dapat menambah wawasan untuk mempercantik diri dengan kosmetik halal. Syukur-syukur kalau bisa berpahala. Aamiin. Oya, artikel ini diikutsertakan pada lomba blog kerja sama blogdetik, Wardah, dan LPPOM-MUI.

Referensi:

Halalmui.org, wardahbeauty.com, my.opera.com/JurHal, fashionesedaily.com, pojokcantik.com, muslimahmusings.blogspot.com

Categories: Iseng-Serius-Menang, Muslimah | Tags: , , , , , , | 34 Komentar

Navigasi pos

34 thoughts on “HALALKAH CANTIKMU?

  1. Waaa postingan ini sudah lama ya mbak😀
    Tapi nggak apa-apa,, artikelnya bermanfaat..
    Salam kenal ya mbak😀

  2. Sebenarnya ethyl alcohol/ethanol kalau di dapat dari industri non-khamr maka statusnya tidak najis, dan bisa digunakan. Maka dari itu, ada beberapa produk yg mengandung ethanol yang sudah dilabeli halal oleh MUI, contohnya Toner Ristra.

    Kalau berasal dari industri khamr, maka statusnya najis aka haram.

    Ini berdasarkan fatwa MUI mengenai status halal alkohol dari buku HIMPUNAN FATWA MUI.

  3. Trimakasih infonya.. Sgt bermanfaat.. ^-^

  4. Alhamdulillah. trims infonya dah bantu menyelamatkanq, krn aq ditawari bisnis lumbricus rubellus utk cosmetic. so,..thank’s mbak wardah

  5. Intan

    makasih banyak infonya😀

  6. wah..
    post yang mengesankan mbak..
    sukses selalu ya mbak..

  7. kalau setyl, cetearyl,stearyl aolkhol itu boleh d bawa shalat g’ kak?
    syukran kak ..

    • hemm setauku salah satu syarat sah shalat kan tempat sholat, badan, dan pakaian terbebas dari najis. Nah cetyl n cetearyl alcohol bukan najis kan ya?🙂
      #CMIIW

  8. makasih banyak infonya

  9. Bung eddysbye

    Wah, bagus bnget tu artikelnya. smoga bermanfaat buat smua pembaca.
    o iya, link neng intenratna udh mampang di blog ane. link balik ea….

    Lam kenal n mksih……

  10. Nice inpo, baru tau ane kalo 60% produk kosmetik diserap ama masuk ke pembuluh darah, sukses kontesnya..

  11. sekarang ini memang sulit membedakan antara yang halal dan haram karena keduanya sudah bercampur baur. Semoga wardah bisa menjadi solusi terbaik untuk yang hala. Salam kenal dari kota Solo.

  12. wah mencerahkan pengetahuan saya…
    nice info..

  13. Alami banget manisnya, Mba.
    Nice info. Aku baru tau kalau kolagen itu bahan kosmetik mubah.

    Kalau ada waktu, mampir ke blog aku juga, ya
    Thanks

    http://hertilysurviva.wordpress.com/2012/08/16/the-metamorphosis-of-an-ugly/

  14. Irfan Handi

    Sukses buat kontesnya ya Mba.😉

  15. Wah.. Jadi bintang iklan kosmetik ni..:mrgreen:
    Aku jg pake wardah yg sunscreen. Cuma dipake pas lagi tenis aja.:mrgreen:
    Sukses buat blognya😀

  16. Semoga menjadi salah satu pemenangnya Mbak

  17. Semoga kosmetik yg kita gunakan sesuai dng janji produsennya ya Mb Inten. Gak sekedar halak, kalau janjinya utk mengjaluskan kulit ya sprt itu lah hasilnya. met lomba ya, semoga sukses

  18. kalo udah pake kerudung halal diliat gak yah mba😀

  19. wah, artikelnya bagus mbak, semoga sukses yaa.) aku suka sekali dengan tulisannya.😀

  20. semoga berhasil ^^d

Komentarmu Sangat Berharga ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: