Inten Ratna Sari_NHW#5

Tugas NHW#5 simpel: buatlah Desain Pembelajaran.

Tapi saya blank di awal.

Tidak tahu apa itu desain pembelajaran.

Sempat mengaitkannya dengan design thinking dan metode EMISOL yang disampaikan di HEbAT. Ya memang terkait. tapi konsep yang disampaikan SME HEbAT, bang Ical, dengan RuaNGakal nya masih sangat umum. Jaidlah saya berselancar ria di dunia maya dan Alhamdulillah dapat menarik simpulan tentang Desain pembelaaran ini.

Tak lupa saya juga mendengar ulang kuliah webinar Bunda Cekatan: Learn How to Learn yang sebenarnya sudah didengar beberapa tahun lalu tapi tidak menempel karena tidak dipraktekkan. Hmm.

Barulah saya mempraktekkannya dalam proses penyusunan Desain Pembelajaran ini. Seperti apa yang disampaikan bu Septi, saya menggunakan sebagian prinsip dari Cara Belajar yang Berbeda:

Mengembangkan struktur berpikir

dengan membuat hipotesis. Hipotesis awal saya adalah Desain Pembelajaran sama dengan Design Thinking. Lalu saya mulai mencari info tentang Design Thinking dan Desain Pembelajaran. Ternyata (daris edikit yang saya pahami),  Desain Pembelajaran adalah perluasan dan penjabaran yang lebih rinci dari Design Thinking.

Aktif mencari

di internet, di materi grup WA HEbAT, di materi kuliah yang telah saya simpan sejak lama (sampai hampir lupa punya materi itu), dan lain-lain.

Berpikir Skeptik

tidak menelan satu informasi bulat-bulat, tetapi mencari pendapat kedua dan ketiga yang ternyata menguatkan teori pertama.

 

Berikut hasil penelusuran saya tentang Desain Pembelajaran

 Desain pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Proses ini berisi penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran, dan merancang “perlakuan” berbasis-media untuk membantu terjadinya transisi. Idealnya proses ini berdasar pada informasi dari teori belajar yang sudah teruji secara pedagogis dan dapat terjadi hanya pada siswa, dipandu oleh guru, atau dalam latar berbasis komunitas. Hasil dari pembelajaran ini dapat diamati secara langsung dan dapat diukur secara ilmiah atau benar-benar tersembunyi dan hanya berupa asumsi. (Wikipedia)

Desain pembelajaran menurut istilah dapat didefinisikan:

  1. Proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).
  2. Rencana tindakan yang terintegrasi meliputi komponen tujuan, metode dan penilaian untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan (Briggs).

 Komponen Utama Desain Pembelajaran

Komponen utama dari desain pembelajaran adalah:

  1. Tujuan Pembelajaran (umum dan khusus) Adalah penjabaran kompetensi yang akan dikuasai oleh pembelajar
  2. Pembelajar (pihak yang menjadi fokus) yang perlu diketahui meliputi,karakteristik mereka, kemampuan awal dan pra syarat.
  3. Analisis Pembelajaran, merupakan proses menganalisis topik atau materi yang akan dipelajari
  4. Strategi Pembelajaran, dapat dilakukan secara makro dalam kurun satu tahun atau mikro dalam kurun satu kegiatan belajar mengajar. Bahan Ajar, adalah format materi yang akan diberikan kepada pembelajar
  5. Penilaian Belajar, tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudah dikuasai atau belum

 Model Desain Pembelajaran

Model Dick and Carrey

Salah satu model desain pembelajaran adalah model Dick and Carey (1985). Model ini termasuk ke dalam model prosedural.

Model Kemp

Model  Kemp  termasuk  ke  dalam  contoh  model  melingkar  jika ditunjukkan  dalam sebuah diagram.

kemp_01

sumber:

http://abdulrazak19.blogspot.co.id

Saya pilih model Dick and Carrey, karena model itu yang paling sederhana dan paling cocok untuk desain pembelajaran secara umum. Tetapi saya tidak sepenuhnya mengikuti model tersebut. Saya sesuaikan dengan gaya saya J

Desain Pembelajaran Inten

a.Tujuan umum pembelajaran (start from the finish line)

Menjadi pendidik yang ahli menumbuhkan dan mengembangkan fitrah anak

b.Analisis pembelajaran

Materi dan skill yang harus dipelajari akan berkaitan dengan bahan ajar, psikologi anak yang hendak dididik, skill mengajar, serta pengembangan pribadi pendidik selaku teladan bagi anak

c.Tingkah laku masukan dan karakteristik siswa

Saya sebagai seorang ibu yang bekerja di ranah public memerlukan waktu dan metode belajar yang singkat namun efektif agar dapat konsisten belajar dan memiliki kemajuan dari hari ke hari. Gaya belajar saya adalah dengan menyendiri, suka suasana sepi, dengan rangsangan visual

d. Strategi pembelajaran

Meninggikan gunung, bukan meratakan lembah. Saya mempelajari sesautu yang saya sukai yaitu parenting dan saya sedang meninggikan gunung saya.

Menetapkan topik materi/skill yang ingin dikuasai berdasarkan milestone yang terlah dibuat pada NHW#3. Kurilkulum per tahun dibreakdown menjadi topic per bulan. lalu setiap hari saya perlu mengasah intellectual curiosity saya mengenai topic tersebut dan menuangkannya dalam Buku Rasa Ingin Tahuku. Buku inilah yang menjadi buku kerja sekaligus portfolio kegiatan belajar saya.

Setiap topik akan diawali pertanyaan 5W+1H+Which One. Lalu dilanjutkan dengan pencarian jawaban. proses pencarian dilakukan dengan mengembangkan struktur berpikir berupa penentuan hipotesis (creative imagination), percobaan, lalu penemuan hasil/simpulan (art of discovery). Jika berhasil maka harus segera saya bagikan kepada keluarga/masyarakat (noble attitude).

Dengan ini pada setiap topic,  saya akan mempunyai minimal 1 proyek yang dijalankan.

Metode pencarian jawaban: membaca, menonton video dari para ahli, diskusi dengan mentor

Metode percobaan: membuat esai, praktek kepada anak

Metode sharing: cerita/presentasi kepada suami dan pengasuh, menulis hasil refleksi di blog/medsos, sharing di grup parenting

  1. Materi pembelajaran

Materi sesuai dengan milestone yang dirancang

KM 0 – KM 1 (tahun 1): menguasai Psikologi perkembangan anak & remaja, 6 materi Bunda Sayang, materi & pembelajaran Aqidah, materi & pembelajaran Science , hafal juz 30

KM 2 : menguasai 5 materi FBE, 6 materi Bunda Sayang, materi & pembelajaran Adab & Sopan Santun, hafalsetetngah awal dari juz 29

KM 3 : menguasai 5 materi FBE, Teknik mengajar, teknik bercerita, materi & pembelajaran Tahsin Quran, hafal setengah akhir dari juz 29

KM 4 : menguasai 5 materi FBE, Perencanaan & Evaluasi Pendidikan, materi & pembelajaran Tafsir Quran, materi & pembelajaran Bahasa Arab , hafal setengah awal dari juz 28

KM 5 : menguasai 5 materi FBE, bimbingan & konseling, materi & pembelajaran Sirah Nabi-Sahabat-Peradaban Islam, hafal setengah akhir dari juz 28

KM 6:  menguasai teknik motivasi, pemanfaatan teknologi untuk KBM, materi & pembelajaran Hadits, hafal setengah awal dari juz 1

KM 7 : menguasai public speaking, kontribusi manfaat pada masyarakat, materi & pembelajaran Fikih, hafal setengah akhir dari juz1

f. Sarana pembelajaran

menggunakan buku, video, praktek langsung, presentasi, penuilisan resume dan hasil refleksi

g.Evaluasi

Evaluasi dilaksanakan setiap bulan/per topik dengan meninjau kembali pelaksanaan proyek yang saya lakukan.

 

Sumber:

Kuliah via Webinar Bunda Cekatan: Learn How to Learn

Materi Matrikuasi IIP #5 Learn How to Learn

https://isnaizakiya29.wordpress.com/2014/05/24/desain-pembelajaran-perencanaan-pembelajaran-dan-kurikulum/

http://shantystory.com/2016/06/13/belajar-bagaimana-caranya-belajar-materi-matrikulasi-5/

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195705101985031-ENDANG_RUSYANI/DESAIN_PEMBELAJARAN.pdf

Categories: Muslimah, parenting, Uncategorized | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Komentarmu Sangat Berharga ...

Blog di WordPress.com.

