Observasi Gaya Belajar Anak #8

Observasi Gaya Belajar Anak #8

Nama Anak: Inten Ratna Sari

Tanggal: 2 Mei 2017

Gaya belajar Estha sudah diketahui, sementara adiknya masih menerima stimulasi saja sampai setahun ke depan. Jadi di episode ini kita bahas gaya belajar anaknya mama saya alias saya sendiri ya hehe.

Sejak lama, saya sudah mengambil kesimpulan bahwa saya adalah tipe pembelajar visual karena adanya ciri-ciri sebagai berikut:

* (Sangat) Suka membaca apapun, mulai dari novel sampai guntingan koran pembungkus ketan ^^. Tapi sejak jadi ibu, minat baca saya terfokus ke tema pendidikan anak dan sekitarnya (tema ini luas banget, sebenarnya)

*Selalu membaca instruksi penggunaan sebelum mengoperasikan barang baru

*Lebih cepat mengerti dan hafal suatu pengetahuan melalui bacaan. Termasuk segala pengetahuan tentang bayi dan anak, saya lebih percaya kata-kata artikel daripada nasihat sembarang orang. Tentunya selain nasihat mama dan mertua yaa.

*Senang memperhatikan wajah pengajar saat beliau menjelaskan materi. Saya ingat waktu SD pernah ditegur guru “kunaon Inten, olohok wae. Tong hokcay nya, olohok bari ngacai >,<” artinya? Cari sendiri yaa :p

Sekian lah pengamatan saya bagi diri sendiri. Simpulan ini sudah saya ambil sejak…tahu jenis-jenis gaya belajar ^^.

Nah, sang guru bergaya visual sementara muridnya bergaya auditori, gimana working stylenya? Tentunya yang audio visual ya. Alhamdulillah sekarang sudah banyak sarananya seperti read aloud alias membacakan buku, video edukasi, diskusi sambil melihat gambar/pemandangan langsung, dan lain-lain ^^

Komentarmu Sangat Berharga ...

