Proyek Ramadhan 1438 H & Tantangan Bunda Sayang

Proyek Ramadhan 1438 H & Tantangan Bunda Sayang

Ramadhan tiba, Ramadhan tiba! Marhaban yaa Ramadhan! Alhamdulillah tahun ini masih diizinkan merasakan Ramadhan. Estha sudah tak sabar bertanya ‘kapan Ramadhan’ sejak minggu kedua Sya’ban. Alhamdulillah. Ini kuartikan dia terkenang Ramadhan yang indah tahun lalu, jadi tak sabar ingin menyambut bulan ini! Tak ingin menyiakan antusiasme nya, bunda coba menyiapkan beberapa proyek tahun ini:

0. Niat. Tahun ini niat Bunda: menumbuhkan kecintaan pada Allah dan Quran. Bismillah.

IMG-20170526-WA0029.jpg

1. Hiasan dinding Paper bunting bertuliskan ‘RAMADHAN’ (printable dari familiakreativa.blogspot.com)

2. Kalender Ramadhan 1438 H yang dibuat dari karton bekas dilapisi karton putih lalu ditulisi dengan cat air.

3. Kartu yang berisi kata dari Al Quran, printable dari parenthoodmuslimstyle.com,, Aktivitas ini persis dengan yang kami lakukan Ramadhan lalu. Jadi tiap hari Estha membuka amplop yang berisi kartu kata. Lalu kami membuka ayat Quran yang mengandung kata tersebut lalu bunda bercerita kisah terkait atau membuat craft atau aktivitas lainnya. Kartu yang sudah dibahas lalu ditempel di kalender Ramadhan. Tahun lalu Estha senang sekali dengan kartu ini, sampai kami lanjutkan hingga bulan-bulan setelah Ramadhan. Tahun ini rupanya dia bosan hoho (salah sendiri emaknya ga inovatif x_x). Jadi bunda coba buat proyek keempat ini:

4. Undian Amal Baik.

IMG-20170610-WA0003.jpg

Berbagai amal baik (yang ringan dan sekiranya mungkin dilakukan Bunda dan anak 4y) ditulis dan digulung dalam kertas. Seperti undian arisan. Mulai 15 Ramadhan ini kami mengambil satu gulungan, mempraktekkan nya, lalu menempelkannya di kalender Ramadhan. Mudah-mudahan tetap bisa jadi jalan menumbuhkan cinta pada Allah lewat amal baik ^^. Undian ini terinspirasi dari postingan fb Julia Sarah Rangkuti, penulis Rumah Main Anak.

5. Pohon Syukur.

IMG-20170610-WA0004.jpg

Ini juga terinspirasi hehe. Kalau tak salah, dari artikel muslim luar negeri. Bunda gambar batang pohon di kardus bekas lalu pohon tersebut akan dirimbunkan oleh ‘daun’ syukur tiap harinya.

Nah, ternyata eh ternyata, kuliah Bunda Sayang kali ini memberikan tantangan membuat pohon juga. Namanya pohon literasi. Bingung deh, masa ada 2 pohon? Nanti Estha bingung hhe. Teringat bunda, Estha suka sekali dengan kereta. Dan jadilah:

6. Kereta Literasi.

IMG-20170610-WA0007.jpg

Alhamdulillah sesuai dugaan, Estha antusias membuat kereta literasi ini. Ia berinisiatif menggambar pola, menggunting, ,menyuruh bunda (!) mengoleskan lem lalu menempelkannya. Hasil karyanya ada di kereta berlabel ‘Estha’ dan ‘Bunda’. Gerbongnya dari sticky notes, jadi bisa diganti-ganti tiap bulan. Gerbong pertama langsung terisi alhamdulillah. Kemudian bunda menjelaskan proyek ini pada ayah dan mama (neneknya Estha) serta meminta pendapatnya tentang proyek ini. Alhamdulillah ayah dan mama bersedia mendukung proyek ini ^^. Hari pertama, Estha meminta dibacakan 3 buku, bunda 1 majalah dan quran, ayah dan mama membaca quran.

Demikianlah, mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca artikel ini dan catatan bagi penulisnya.

#GameLevel5

#Tantangan10Hari

#KuliahBunSayIIP

#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

 

 

Iklan

Komentarmu Sangat Berharga ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s